Antusiasme Masyarakat Semarakkan FORNAS VI Luar Biasa

0 109

Lpduk.id Palembang – Antusiasme masyarakat untuk menyemarakkan dan mensukseskan Fesitival Olaharga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022 sangat luar biasa dan di luar dugaan. Hal itu ditunjukkan dengan meledaknya jumlah peserta dari berbagai daerah dan dukungan dan minat masyarakat Sumsel untuk memeriahkan dan menyaksikan event olahraga rekreasi terbesar tingkat nasional ini.

‘Antusiasme masyarakat sungguh tak terduga. Peserta mencapai sekitar 12ribu dan menjadi rekor FORNAS. Masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) juga antusias memberi dukungan dan menyaksikan FORNAS ini,’ kata Ketua Panitia Pelaksana FORNAS VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022, Achmad Syamsudin saat mengisi acara Podcast ‘Sportcast LPDUK’ di Palembang, Senin (4/7).

Ia menjelaskan, peserta FORNAS VI awalnya diproyeksikan sekitar 8ribu, kemudian naik menjadi 10ribu. Bahkan kemudian naik lagi mencapai 12ribu sehingga menjadi catatan peserta terbanyak sepanjang perhelatan FORNAS. Banyak peserta juga datang dengan keluarga dan ada yang menginap di rumah keluarganya di Palembang untuk menghadiri FORNAS yang berlangsung 1 sampai 7 Juli 2022 ini.

Banyaknya peserta dan antusasime masyarakat Sumsel untuk menyaksikan perlombaan FORNAS juga membuat jalanan di Palembang kerap padat merayap. Hotel dan restoran juga penuh. ‘FORNAS memberikan berkah. UMKM Sumsel juga hidup. Pekan ini, Palembang menjadi kota nasional,’ tambah Syam, panggilan akrab Achmad Syamsudin.

Apresiasi dan pujian atas penyelenggaraan FORNAS VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022 memang dilontarkan banyak pihak, bahkan dari Menpora RI Zainudin Amali yang membuka FORNAS VI.

Syam menegaskan, kunci sukses pelaksanaan FORNAS VI kali ini adalah sinergi dari semua pihak. Sinergi terbangun diantara jajaran pemerintahan baik provinsi maupun kota dan kabupaten, panitia, asosasi masyarakat dan para sponsor yang mendukung kegiatan ini. “Kuncinya sinergi dan ini selalu disampaikan Gubernur Sumsel. Ini ajang olahraga, sekaligus ajang silaturahim. Kalo kita bersinergi, kita bisa melakukan hal yang luar biasa,’ tuturnya.

Seperti diketahui, FORNAS VI mendapat dukungan dari sejumlah perusahaan, baik BUMN, BUMD maupun swasta. Antara lain PT Bukit Asam, Bank Sumsel Babel, PT OKI Pulp&Paper, Bank BPR Sumsel, PT Jamkrida Sumsel, PT Sriwijaya Sumsel Mandiri, PT Sumsel Energy Gemilang, PT Pupuk Sriwijaya, PT Swarnadwipa dan PT Semen Baturaja. Berdasarkan surat komitmen dan sebagian sudah melakukan transfer, sekitar Rp15milyar dana sponsor akan masuk ke Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) sebagai pengelola dana sponsor/komersial FORNAS VI.

Secara terpisah, Plt. Kepala Divisi Keuangan dan Umum LPDUK Kemenpora, Dini Desriani juga mengapresasi antusiasme dan dukungan khususnya dari masyarakat Sumsel dalam mendukung dan mensukseskan acara ini. Selain dukungan sponsor dari perusahaan-perusahaan besar, dana sponsor FORNAS VI yang masuk juga datang atas nama perorangan dan perusahaan-perusahaan dalam jumlah tidak besar.

“Selain perusahaan yang memberikan sponsor milyaran, ada juga ada yang menyumbang Rp200ribu, Rp500ribu, Rp1juta dan Rp2juta dan seterusnya. Semua kita catat dan laporkan sebagai penerimaan yang bisa digunakan Kembali oleh Panitia untuk menyemarakkan event FORNAS VI ini,” jelas Dini Desriani.

Leave A Reply

Your email address will not be published.