APG 2022 Resmi Ditutup, Indonesia Juara Umum

0 60

Lpduk.id – Perhelatan multievent antar penyandang disabilitas se-Asia Tenggara, ASEAN Para Games (APG) 2022 resmi ditutup Presiden Jokowi di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022) malam. Indoneaia tampil sebagai juara umim.
“Dengan mengucap puji syukur kepada Allah SWT., alhamdulillahirabbilalamin ASEAN Para Games XI Tahun 2022 saya nyatakan ditutup malam hari ini,” ujar Presiden.
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menutup ASEAN Para Games XI Tahun 2022 (APG 2022) yang telah berlangsung sejak tanggal 30 Juli 2022. Upacara penutupan pesta olahraga difabel se-Asia Tenggara ini digelar di Stadion Manahan, Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (06/08/2022) malam.
“Dengan mengucap puji syukur kepada Allah SWT, alhamdulillahirabbilalamin ASEAN Para Games XI Tahun 2022 saya nyatakan ditutup malam hari ini,” ujar Presiden.
Presiden mengungkapkan kebanggaannya karena Indonesia berhasil menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI Tahun 2022. Presiden juga menyampaikan apresiasi kepada para atlet yang telah berpartisipasi pada perhelatan ini.
“Indonesia sangat bangga bisa menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI ini. Terima kasih atas partisipasi 1.248 atlet dari negara-negara ASEAN. Terima kasih telah memberikan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. Dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi,” ujarnya.
Selanjutnya, Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dan menyukseskan APG 2022. Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan raihan 175 medali emas, 144 medali perak, 106 medali perunggu.
Penutupan APG syarat dengan nuansa nusantara. Mulai dari hiburan musik hingga tari hampir seluruhnya mengangkat budaya asli Indonesia. Penampilan lain yang mengangkat budaya Indonesia juga datang dari Alffy Rev dan Novia Bachmid yang membawakan berbagai lagu daerah namun dikemas dengan aransemen kekinian.
Sebagai latar belakang panggung terlihat hiasan yang memvisualisasikan berbagai kekayaan Indonesia, mulai dari batik, wayang, hingga aksara Jawa. Selain itu, terlihat pula gambar Candi Borobudur, Prambanan, dan Pura Bali sebagai bagian dari destinasi wisata dalam negeri.

Hadir dalam penutupan APG 2022 antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Presiden APSF Osoth Bhavilai, Ketua Pelaksana Indonesian ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka, Ketua Komite Nasional Paralimpiade Indonesia Senny Marbun, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission Kontingen Indonesia di APG 2022 Andi Herman, serta duta besar dari negara-negara ASEAN.

Leave A Reply

Your email address will not be published.