Fornas VI Resmi Dibuka

0 101

Fornas VI Resmi Dibuka

Lpduk.id, Palembang – Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2021 Sumatra Selatan resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Zainudin Amali, di Venue Dayung Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (1/7/2022) malam. Pembukaan Fornas VI ditandai pelepasan ketapel ke udara oleh Menpora dengan didampingi Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat, Hayono Isman dan Gubernur Sumsel, Herman Deru yang langsung disambut dengan gegap gempita pesta kembang api oleh peserta Fornas dari 34 Provinsi.

“Saya yang mewakili Presiden Jokowi, dengan ini membuka secara resmi Fornas VI di Sumatra Selatan,” kata Menpora.

Dalam kesempatan tersebut, Menpora menyampaikan salam dari Presiden Jokowi kepada para peserta karena sejatinya Kepala Negara berkenan untuk membuka secara langsung, namun, saat ini Presiden Jokowi sedang melaksanakan lawatan ke sejumlah negara untuk menjalankan misi perdamaian bagi Rusia dan Ukraina.

“Olahraga masyarakat memang mungkin saja belum populer dibandingkan olahraga prestasi, tapi sejatinya bila bicara keolahragaan, maka meliputi olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga masyarakat,” tambahnya.

Zainudin Amali menegaskan, Palembang bisa menjadi contoh pelaksanaan multieven olahraga masyarakat masa depan di Indonesia. Sebab, telah membuktikan bahwa mereka bisa menyelenggarakan multieven olahraga dengan baik bahkan dihadiri lebih dari 12.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Olahraga masyarakat ini, lanjutnya, masuk dalam bagian dari UU Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan dan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional bahwa olahraga masyarakat berperan penting. “Kita tidak akan dapat prestasi jika hulunya tidak digerakkan dan olahraga masyarakat itu hulunya,” kata dia.

Menpora juga berpesan kepada peserta, untuk tidak menjadikan Fornas ini sebagai ajang untuk mengejar prestasi, tetapi berupaya untuk, “memasyarakatkan olahraga, oleh karena itu, ia sangat mendukung adanya keputusan bersama dengan tidak ditetapkannya juara umum dan rangking daerah pada ajang di Fornas.

Diketahui, sebanyak 12.141 penggiat olahraga rekreasi perwakilan dari 34 provinsi turut ambil bagian di Fornas VI 2021 Sumsel 2022 ini, yang mana Fornas ini sempat tertunda selama 1 tahun, karena adanya pandemi Covid-19. Fornas Sumsel 2022 di Palembang, mempertandingkan 709 nomor pertandingan, dari 55 induk olahraga tradisional dan kreasi budaya dari rumpun kebugaran dan rumpun petualangan serta ditambah 14 cabang olahraga eksibisi. Sehingga, seluruhnya menjadi 64 cabang olahraga.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan tercatat lebih dari 12.000 peserta terlibat dalam FORNAS VI.
Menurutnya, jumlah peserta yang fantastis membawa dampak signifikan bagi perekonomian di Palembang yang sempat terpuruk saat pandemi Covid-19.

Selain Menpora, Gubernur Sumsel Ketua Umum KORMI, dan hadir di pembukaan Pornas VI 2021 Sumsel 2022, Ketua Kormi Sumsel, Hj. Samantha Tivani didampingi Ketua PKK Sumsel, Kapolda Sumsel, Pangdam Sriwijaya, Ketua DPRD Provinsi Sumsel, Sekda Sumsel, Bupati/Walikota se-Sumsel, ketua/pengurus Kormi kabupaten/kota se-Sumsel, serta tamu undang dari 34 provinsi. LPDUK Kemenpora juga turut terlibat dalam FORNAS VI ini sebagai pengelola dana sponsor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.