KORMI Bangga Fornas VI Tandai Kebangkitan Olahraga Masyarakat

0 31

Lpduk.id, PALEMBANG – Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Pusat, Hayon Isman menegaskan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI/2022 menandai dimulainya kebangkitan olahraga masyarakat.

“Fornas VI/2022 Sumatera Selatan ini pertanda dimulainya kebangkitan olahraga masyarakat Indonesia. Begitu antusiasnya daerah mengikuti ajang ini hingga mencatat rekor dalam segi peserta mencapai 12 ribu peserta,” kata Hayono didampingi Ketua Panggar Samuel Samson dan Kabid IT Eko Sigianto, di Media Center Fornas VI, Sports Center Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (6/7).

Menurut Hayono, ini pertanda positif karena bergairahkan olahraga masyarakat akan mendukung dan sejalan dengan keberadaan olahraga beprestasi yang telah menelorkan program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) oleh Kemenpora.
“Kita memiki tekad untuk membentuk masyarakat Indonesia bugar pada 100 tahun Indonesia Merdeka atau Indonesia Emas pada tahun 2045 nanti. Saya sangat optimis pencanangan Indonesia Emas pada 2045 akan tercapai,” jelas mantan Menpora ini.

Ditambahkan Hayono, mengutip pernyataan Preside BJ Habibie memiliki IQ tinggi tidak ada gunanya bila tidak bugar dan sehat. Karena itu Fornas ini punya arti sangat penting untuk membuat masyarakat Indonesia bugar dan sehat.

“Medali bukan faktor utama di Fornas ini,” ucap Hayono. ” Tujuan Fornas ini  adalah untuk membentuk fisik bugar dan  mental juara kepada masyarakat Indonesia. Selain juga tentunya guna melestarikan dan menjaga keberadaan olahraga tradisional Indonesia agar dapat juga mendunia,” tambahnya.

Hayono mengucap terima kasih tak terhingga kepada Gubernur Sumsel Herman Deru dan masyarakat Wong Kito Galuh yang hingga hari keenam Fornas berjalan aman dan lancar. Bahkan kegairahan peserta terjaga dengan terbukti maskot Chitata habis dan jadi buruan peserta.

Di tempat terpisah, ungkapan senada di berikan Ketua Portina (Pelestari Olahraga Tradisional Indonesia) Pusat Agung, seraya menambahkan dirinya optimis olahraga tradisional Indonesia akan terjaga dengan digelarnya Fornas secara berkesinambungan ke depannya.

“Saya melihat langsung, merasa senang dan banggam Terima kasih untuk Gubernur dan masyarakat Sumsel yang telah menggelar Fornas VI dengan maksimal,” tutur Agung. “Venue bagus peserta bisa refresing dan kuliner sehingga tercipta sport tourism dari even dua tahun sekali ini Dan ada juga pemecahan rekor tradisonal di jenis olahraga (jenor ) panahan tradisional dan ketapel,” jelasnya.

Ajang FORNAS VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022 diselenggarakan pada tanggal 1 s.d. 7 Juli 2022 dengan melibatkan belasan ribu peserta dari 34 provinsi dan 55 induk organisasi olahraga (inorga) anggota Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI). Event dua tahunan ini juga menggandeng Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora yang menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Panitia Pelaksana Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022 dalam pengelolaan dana komersial/sponsor.

Secara terpisah, Plt. Kepala Divisi Keuangan dan Umum LPDUK Kemenpora, Dini Desriani juga mengapresasi antusiasme dan dukungan khususnya dari masyarakat Sumsel dalam mendukung dan mensukseskan acara ini. Sejumlah perusahaan, baik BUMN, BUMD maupun swasta terlibat mensponsori kegiatan FORNAS VI Sumsel ini. Antara lain PT Bukit Asam, Bank Sumsel Babel, PT OKI Pulp&Paper, Bank BPR Sumsel, PT Jamkrida Sumsel, PT Sriwijaya Sumsel Mandiri, PT Sumsel Energy Gemilang, PT Pupuk Sriwijaya, PT Swarnadwipa, PT Semen Baturaja, PT KAI dan Bank Mandiri.

Uodate terbaru, tercatat 16,7 milyar dana sponsor yang masuk lewat LPDUK berdasarkan surat komitmen. “Selain perusahaan yang memberikan sponsor milyaran, ada juga ada yang mentransfer Rp200ribu, Rp500ribu, Rp1juta dan Rp2juta dan seterusnya. Semua kita catat dan laporkan sebagai penerimaan yang dapat digunakan Kembali oleh Panitia untuk menyemarakkan event FORNAS VI ini,” jelas Dini Desriani.

Sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kemenpora dan Kementerian Keuangan, LPDUK merupakan unit kerja yang memiliki fungsi utama mendorong dan mengembangkan industri olahraga. Lembaga ini memiliki visi Menjadi Lembaga yang Profesional dan Akuntabel dalam Pengelolaan Dana dan Penyelenggaraan Usaha Keolahragaan di Indonesia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.