Pembukaan ASEAN Para Games 2022 Diwarnai Aksi Menarik

0 11

Lpduk.id, Solo – Upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022, Sabtu (30/7/2022) malan, diwarnai aksi menarik seperti Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin mengacungkan keris dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka naik kuda ketika memasuki Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.
Warna kental Solo juga ditampilkan para atlet Indonesia dengan mengenakan batik yang merupakan ciri khas Solo dalam defile pembukaan.
Tepuk tangan penonton menyambut penampilan Maskot APG, Rajamala, ketika keluar dari “cangkang” teratai putih.
Penyulutan obor sebagai lambang gelora persaingan meraih prestasi terbaik dilakukan oleh atlet para menembak putri Hanik Puji Astuti.
Setelah mengucapkan, “Bismillahirahmanirrahim, ASEAN Para Games kesebelas tahun 2022 saya nyatakan secara resmi dibuka,” Wapres Maruf Amin menyatakan sangat gembira karena dapat hadir di Stadion Manahan, Surakarta untuk membuka acara yang istimewa ini.
Lebih lanjut, Wapres RI mengatakan ASEAN Para Games merupakan ajang istimewa karena menjadi sumber inspirasi akan makna tentang kesetaraan.
“Kepada seluruh atlet, selamat berjuang dalam kompetisi yang sehat dan sportif,” kata Maruf Amin.
Wapres juga berharap, ASEAN Para Games akan menjadikan Komunitas ASEAN semakin inklusif dan tangguh.
“Saya juga berharap, ASEAN Para Games akan menjadikan Komunitas ASEAN semakin inklusif dan tangguh,” tuturnya.
Menurut Wapres Ma’ruf, ajang APG 2022 juga jadi momen istimewa karena atlet-atlet para games membuktikan bahwa dorongan untuk meraih cita-cita dan mengukir prestasi haruslah lebih kuat daripada hambatan yang dihadapi.
“Saya ucapkan selamat datang di Indonesia, khususnya di Kota Surakarta, kepada para atlet kebanggaan yang mewakili sebelas negara dari kawasan Asia Tenggara,” tambah Wapres.
Tidak ketinggalan, Wapres menegaskan, dengan penyelenggaraan APG 2022 ini, Kota Surakarta yang kaya akan kebudayaan juga mengukuhkan diri sebagai kota olahraga.
Bukan saja karena Surakarta menjadi rumah bagi Komite Paralimpiade Nasional Indonesia dan pernah menjad.i tuan rumah APG VI/2011 namun juga di sinilah Pekan Olahraga Nasional Indonesia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1948.
Wapres Ma’ruf lalu membuka keris dan mengacungkan keris ke atas kepala untuk menandakan pembukaan APG XI/2022.
Nuansa Budaya Jawa
Pembukaan APG XI 2022 memang penuh nuansa budaya Jawa. Mulai dari iringan musik yang menggunakan musik gamelan, atraksi hiburan wayang kulit dan wayang orang, hingga defile atlet pun juga disampingi tokoh wayang.
Sejumlah seniman seperti Endah Laras, Arda, komikus Dodit Mulyanto, grup musik Pecas Ndahe hingga penyanyi Nella Kharisma memeriahkan acara pembukaan.

Kejutan muncul saat Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC), yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka muncul dengan menunggangi kuda dengan mengenakan busana pangeran keprajuritan.
Nuansa budaya Jawa juga terlihat saat defile atlet dari masing-masing negara peserta APG. Dimana setiap negara didampingi oleh tokoh pewayangan. Indonesia yang tampil di urutan terakhir didampingi tokoh Bima dan Arjuna.
Selanjutnya atlet para shooting Indonesia, Hanik Puji Astuti menyalakan obor ASEAN Para Games (APG) yang menandakan event kompetisi atlet disabilitas itu telah dimulai.
Pesta kembang api juga mewarnai acara tersebut. Dan ditutup dengan hiburan dari penyanyi Nella Kharisma.

APG Solo 2022 diikuti 11 negara Asia Tenggara dengan mempertandingankan 14 cabang olahraraga. Ajang ini juga melibatkan Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora sebagai mitra INASPOC (Panitia Pelaksana ASEAN Para Games 2022) dalam pengelolaan dana sponsor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.