Peringatan Haornas ke-39 Jadi Momentum Sukseskan DBON

0 59

Lpduk.id, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyampaikan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 pada tanggal 9 September mendatang, menjadi momentum untuk kelanjutan semangat mendorong cita-cita besar prestasi bangsa dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).
Tema besar Haornas ke-39 tahun 2022 yakni ‘Bersama Cetak Juara’, pelaksanaannya sendiri termasuk road to Haornas akan dilaksanakan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Malam puncaknya berpusat di Stadion Batakan Balikpapan.
“Terkait temanya ini, artinya adalah kelanjutan dari semangat kita untuk mendorong Desain Besar Olahraga Nasional,” kata Menpora Amali di Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta, Rabu (24/8).
Menurutnya, peringatan Haornas tahun ini adalah sebuah kemajuan karena biasanya dilaksanakan di Jakarta dan di ruang tertutup tetapi tahun ini akan digelar di Stadion Batakan (outdoor) serta menghadirkan masyarakat yang akan turut memeriahkan.
“Mudah-mudahan ini akan sukses. Nanti juga ada penghargaan-penghargaan bagi mereka yang telah berjasa untuk pengembangan olahraga nasional. Baik mantan atlet, mantan pelatih, pembina dan jurnalis atau wartawan olahraga yang memberikan support, seperti tahun sebelumnya dan para pengurus cabang olahraga yang dedikasinya cukup panjang,” urai Menpora Amali.
Menpora Amali sampaikan alasannya, kenapa memilih Balikpapan sebagai tuan rumah Haornas ke-39 tahun ini. “Kenapa di Balikpapan, Kalimantan Timur?. Karena ini berdekatan dengan Ibu Kota Negara (IKN) nanti, sehingga kita mulai membiasakan diri dengan suasana yang ada. Karena ini di outdoor saya rasa akan lebih meriah,” tuturnya.
Menpora Amali menghimbau kepada daerah-daerah untuk turut memeriahkan Haornas sebagai bentuk penghargaan kepada hari bersejarah olahraga nasional saat Indonesia baru Merdeka beberapa tahun.
“Saya berharap di daerah-daerah juga ya, karena ini adalah hari bersejarah olahraga nasional. Tanggal 9 September adalah PON pertama kita di tahun 1948. Baru beberapa tahun Merdeka tapi kita sudah mampu menggelar satu kegiatan yang diakui oleh dunia internasional sebagai pernyataan bahwa kita adalah negara yang sudah merdeka,” tegas Menpora Amali.

Leave A Reply

Your email address will not be published.