Berita

Bonus SEA Games 2019 Melonjak

13 December 2019 11:04 PM
Bonus SEA Games 2019 Melonjak
Acara pemberian penghargaan bonus SEA Games 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat, Kamis (12 /12) malam.

Jakarta - Menpora Zainudin Amali memberikan penghargaan kepada para atlet berprestasi dan pelatih SEA Games 2019. Pemberian penghargaan dilakukan di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat, Kamis (12 /12) malam. Besaran bonus jauh lebih besar dibanding apresiasi SEA Games sebelumnya.

Untuk perorangan, atlet yang berhasil mendapatkan medali emas mendapatkan sejumlah Rp 500 juta, perak Rp 300 juta, dan perunggu Rp 150 juta. Untuk ganda, peraih emas  Rp 400 juta, perak Rp 240 juta dan perunggu Rp 120 juta. Sedangkan untuk beregu, peraih emas 350 juta, perak Rp 210 juta dan perunggu Rp 105 juta.

Pada SEA Games 2019, Indonesia berada di posisi empat di bawah Filipina, Vitenam dan Thailand dengan perolehan 267 medali dengan perincian 72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu. Meski menempati peringkat empat, namun raihan medali jauh melampaui target.

Menpora menyampaikan ucapan terima kasih kepada para atlet yang sudah berjuang di SEA Games 2019 di Filipina. "Atas nama pemerintah, kami mengapresiasi serta terima kasih kepada para atlet, pelatih dan manajer yang sudah berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada  seluruh jajarannya pengurus NOC dan KONI yang sudah memberikan dukungan sehingga Kontingen Indonesia bisa meraih prestasi yang melebihi dari raihan pada SEA Games 2017 yang lalu," kata Menpora.

Ukuran prestasi Indonesia, lanjutnya adalah raihan medali pada SEA Games 2017 dengan memperoleh  38 medali emas. Pada  SEA Games 2019, medali emas yang kita dapat dua kali lipat yaitu  72 emas, 84 perak, dan 111 perunggu. Capainya ini merupakan hasil  perjuangan kita semua sebagai bangsa Indonesia.

"Para atlet kita sudah menunjukkan semangat juang yang luar biasa, sudah menunjukkan kegigihan yang luar biasa. Begitu juga bagi para pelatih, pengurus cabang olahraga, pengurus NOC, KONI yang  telah  bersama-sama mengangkat harkat bangsa kita di tengah-tengah perhelatan SEA Games yang diikuti oleh negara-negara Asia Tenggara," ucapnya. 

Ia melanjutkan, untuk itulah maka pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan lebih dari penghargaan pada SEA Games sebelumnya. "Tadinya Kemenpora hanya mempersiapkan sesuai dengan standart yang  sebagaimana sudah berikan. Namun atas arahan Bapak Presiden, karena atlet dan  pelatih sudah bekerja keras untuk   meningkatkan prestasi maka Bapak Presiden menyampaikan melalui Menteri Sekretaris Negara, penghargaan ini dinaikan dari yang SEA Games sebelumnya. Semoga ini bisa memacu semangat dan membuat kita lebih berprestasi lagi di masa akan datang," jelasnya.

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto mengatakan bahwa Indonesia berada di posisi 4 (empat) setelah tuan rumah Filipina, Vietnam, dan Thailand.  "Indonesia patut  berbangga karena berhasil melampaui target medali  emas.  Tidak hanya itu, atlet Indonesia di SEA Games 2019 juga sangat berhasil, Tim polo air putra yang berhasil meraih emas pertama untuk Indonesia  sejak SEA Games 54 tahun yang lalu yang sebelumnya dikuasai oleh Singapura," jelasnya.

Leave a Comment

Our Partner