Wakili Presiden, Menpora Amali Siap Buka Fornas VI Sumsel

0 29

Lpduk.id, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali akan membuka secara langsung Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2021 Sumatera Selatan (Sumsel) Tahun 2022. Kehadiran Menpora Amali dalam kegiatan tersebut sekaligus mewakili Presiden Joko Widodo.
“Saya menerima ketua umum Kormi Nasional yang melaporkan tentang persiapan Fornas ke enam yang dilaksanakan pada 1 Juli nanti di Palembang, Sumatera Selatan. Sedianya bapak Presiden akan membuka secara langsung, tetapi karena ada kegiatan beliau kunjungan kerja ke luar negeri maka diwakilkan kepada saya,” kata Menpora Amali saat menerima kunjungan Ketua Komite Olahraga Masyaraat Indonesia (Kormi) Nasional Hayono Isman di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis, (30/6).
FORNAS tahun ini punya animo yang sangat tinggi. Hal tersebut diketahui setiap daerah mengirimkan kontingennya. Menpora Amali berharap penyelenggaraannya berjalan dengan aman, lancar dan sukses.
Disamping itu, Menpora Amali bilang kegiatan olahraga masyarakat terdapat dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang keolahragaan dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).
“Dimana menjadi fokus kegiatan yang dilakukan Kormi adalah mendorong peningkatan kebugaran masyarakat dan supaya gemar berolahraga. Kemudian diberbagai kesempatan saya sampaikan bahwa DBON itu ada dua yang dituju yakni hulu dan hilir,” ujar Menpora Amali.
Lebih lanjut, Menpora Amali bilang hulu dalam DBON adalah kebugaran masyarakat. Hal ini jelas Kormi memiliki peran dalam meningkatkan kebugaran masyarakat. Sedangkan hilirnya adalah prestasi yang menjadi bagian dari KONI, NOC, hingga NPC Indonesia.
Sementra itu, Ketua Umum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Nasional Hayono Isman menyampaikan kesiapan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI di Sumatera Selatan (Sumsel) sejauh ini berjalan dengan lancar. Dia menyebut Fornas tahun ini sangat luar biasa.
“Kami laporkan bahwa Fornas keenam sangat luar biasa karena terjadi berbagai lompatan baru dimana untuk pertama kalinya peserta Fornas mencapai 12.141 pegiat olahraga,” kata Hayono.
Capaian jumlah peserta itu, kata dia merupakan sebuah rekor. Sebab, jumlah peserta pada Fornas edisi sebelumnya tidak mencapai angka belasan ribu. “Kemudian, ini menjadi Fornas pertama yang menggunakan teknologi informasi sehingga olahraga masyarakat bergerak ke era digital. Ini penting bagi anak muda untuk bisa aktif bergerak di olahraga masyarakat,” ujarnya.
Lebih lanjut, Hayono menyampaikan terima kasih kepada Menpora Amali yang bersedia untuk membuka Fornas VI di Sumatera Selatan. “Kami berterima kasih kepada bapak Menpora yang berkenan mewakili bapak Presiden membuka Fornas VI pada esok hari di Palembang,” tuturnya.
FORNAS VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 1 s.d. 7 Juli 2022 dan Upacara Pembukaan akan dilaksanakan pada Jumat (1/6/2022) malam, di Rowing and Canoeing Regatta Course Jakabaring Sport City Palembang. Event dua tahunan ini juga didukung Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora yang menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Panitia Pelaksana Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VI 2021 Sumatera Selatan Tahun 2022 dalam pengelolaan dana komersial/sponsor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.