Struktur Organisasi

Susunan Organisasi LPDUK terdiri atas :

A. DIREKTUR

Direktur LPDUK bertanggung jawab untuk:

  1. Memimpin, mengkoordinasikan, dan memberikan bimbingan serta petunjuk-petunjuk kepada Setiap pimpinan satuan unit organisasi di lingkungan BLU LPDUK, bertanggung jawab memimpin dan mengkoordinasikan bawahannya masing-masing dan memberikan bimbingan serta petunjuk kepada Divisi Keuangan dan Umum, serta Divisi Pendanaan dan Pengembangan Olahraga;
  2. Mengawasi Divisi Keuangan dan Umum, serta Divisi Pendanaan dan Pengembangan Olahraga dan apabila terjadi penyimpangan segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
  3. Menyampaikan laporan kepada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga secara berkala atau sewaktu-waktu sesuai kebutuhan.

B. Divisi Pendanaan dan Pengembangan Olahraga

Mempunyai tugas melaksanakan layanan, pengelolaan, pemanfaatan, dan optimalisasi pendanaan, serta perencanaan kebutuhan, pengembangan usaha dan kerja sama di bidang keolahragaan. Dalam rangka melaksanakan tugas tersebut,

  1. Kepada Divisi Operasional dan Pendanaan Olahraga menyelenggarakan fungsi:
    • Pelaksanaan layanan dan pengelolaan dana keolahragaan;
    • Pemanfaatan dan optimalisasi dana keolahragaan;
    • Perencanaan kebutuhan dan pengembangan usaha olahraga;
    • Pelaksanaan operasional dan pendanaan olahraga dari masyarakat; dan
    • Pelaksanaan kerja sama keolahragaan.
    • Pelayanan jasa konsultansi manajemen keolahragaan;

Dalam struktur Divisi Pendanaan dan Pengembangan Usaha Olahraga, Kepala Divisi dibantu oleh:

Kepala Subdivisi Pendanaan Olahraga, yang bertugas melakukan layanan,pengelolaan, pemanfaatan dan optimalisasi, serta kerja sama di bidang pendanaan keolahragaan; dan

Kepala Subdivisi Pengembangan Usaha Olahraga melakukan perencanaan kebutuhan, pengembangan usaha dan kerja sama pengembangan usaha dibidang keolahragaan.

C. Divisi Keuangan dan Umum

Divisi Keuangan dan Umum Mempunyai tugas melaksanakan perencanaan, program dan kegiatan urusan keuangan serta urusan umum dan rumahtangga LPDUK. Dalam rangka pelaksanaan tugas tersebut, Kepala Divisi Keuangan dan Umum BLU LPDUK menyelenggarakan fungsi:

  1. Koordinasi dan pelaksanaan penyusunan perencanaan, program dan kegiatan;
  2. Pengelolaan keuangan , akuntansi, dan penyusunan Laporan keuangan;
  3. Pengelolaan barang inventaris, sarana dan prasarana;
  4. Pengelolaan sistem, data dan informasi LPDUK;
  5. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan LPDUK; dan
  6. Pelaksanaan urusan tata usaha, kepegawaian dan umum LPDUK.

Dalam struktur Divisi Keuangan dan Umum, Kepala Divisi dibantu oleh:

  1. Kepala Subdivisi Keuangan, yang bertugas untuk melakukan pengelolaan keuangan, akuntansi, penyusunan Laporan Keuangan, barang inventaris,sarana dan prasarana, sistem, data dan informasi LPDUK serta monitoring,evaluasi dan pelaporan LPDUK; dan
  2. Kepala Subdivisi Umum yang bertugas untuk melakukan koordinasi penyusunan perencanaan, program dan kegiatan serta urusan tata usaha,administrasi hukum, kepegawaian dan umum LPDUK

D. Satuan Pemeriksa Internal (SPI)

Mempunyai tugas untuk melaksanakan kegiatan pengawasan atas seluruh kegiatan yang dilaksanakan BLU LPDUK. Dalam rangka melaksanakan tugas tersebut, SPI BLU LPDUK berkewajiban untuk:

  1. Melaksanakan audit kinerja dan audit operasional;
  2. Melaksanakan fungsi konsultansi terkait pengelolaan keuangan dan kegiatan operasional kepada direktorat teknis terkait.

E. Dewan Pengawas

Mempunyai tugas melakukan pengawasan terhadap pengelolaan LPDUK yang dilakukan oleh pejabat pengelola LPDUK mengenai pelaksanaan Rencana Strategis Bisnis, Rencana Bisnis, dan Anggaran, dan peraturan perundang-undangan.Dewan Pengawas LPDUK berkewajiban:

  1. Memberikan pendapat dan saran kepada Menteri pemuda dan Olahraga dan Menteri Keuangan mengenai Rencana Strategis Bisnis dan Rencana Bisnis yang diusulkan Direktur LPDUK;
  2. Melaporkan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga dan Menteri Keuangan apabila terjadi gejala menurunnya kinerja LPDUK;
  3. Mengikuti perkembangan kegiatan LPDUK, serta memberikan pendapat dan saran kepada Menteri Pemuda Olahraga dan Menteri Keuangan mengenai setiap masalah yang dianggap penting bagi pengurusan LPDUK;
  4. Memberikan nasihat kepada pejabat pengelola LPDUK dalam melaksanakan pengelolaan LPDUK; dan
  5. Memberi masukan, saran, atau tanggapan atas laporan keuangan LPDUK kepada pejabat pengelola LPDUK.Dewan Pengawas melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada Menteri Pemuda dan Olahraga dan Menteri Keungan secara berkala paling sedikit 1 (Satu) kali dalam 1 (Satu) semester dan sewaktu-waktu apabila diperlukan.

F. Kelompok Jabatan Fungsional.

Mempunyai tugas melaksanakan kegiatan-kegiatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.